Saturday, September 25, 2010

SILATURRAHIM DI HARI RAYA FITRI

Oleh: Aba
Perth, Awal Musim Bunga 2010/Syawal 1431 H

Sebagaimana lazimnya di masyarakat muslim Nusantara setiap Hari Raya fitri selalu melakukan silaturrahim, salingt mengucapkan ‘Selamat Hari Raya’ dan saling memohon kemaafan. Demikian pula di kalangan Muslim Nusantara di Western Australia khususnya dalam komunitas Bawean, Kokos dan Melayu atau dalam komunitas muslim yang berpangkal dari komunitas muslim Christmas Island sebagai sebuah komunitas muslim yang pertautannya sangat kuat antara satu dan lainnya.
Bilamana dalam tradisi masyarakat Bawean di pulau Bawean hari raya dirayakan (celebrate) dalam tiga hari, di Western Australia terbentuk tradisi serentang bulan Syawal sebagaimana kita jumpai di masyarakat muslim Singapore ataupun Malaysia. Oleh sebab berbagai kesibukan dalam aktifitas kerja, maka di sini biasanya silaturrahim intent dilakukan di hari Sabtu dan Minggu (weekend) sedang hari-hari biasa (weekdays) hanya mungkin dilakukan pada kerabat dekat saja yang kita tahu persis akan situasi dan kondisinya (dalam kaitan dengan kesibukan aktifitas kerja).

Di hari Sabtu dan Minggu pertama serta di hari Sabtu di minggu ke dua kami berkesempatan bersilaturrahim ke suatu kawasan yang orang kita di sini menyebutnya sebagai kawasan atas, yaitu di kawasan Mirrabooka, Hepburn, Kinross dan seputarnya. Di kawasan itu kami berkesempatan mengunjungi rumah kediaman beberapa sesepuh orang Bawean, Melayu maupun Kokos, serta kawan kerabat dan handai taolan. Suatu destinasi yang mungkin cukup melelahkan secara fisik, namun sangat melegakan, sangat rileks dan amat fresh dari segi rohani yang dapat membikin kelelahan fisik sirna seketika dan tak punya makna apa-apa.

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...