Wednesday, May 24, 2017

CERITA LAMA

CERITA LAMA
Oleh: A. Fuad Usfa
Dulu kalau kita bertamu begitu duduk sejenak tiba2 datang kopi dan manisnya minta ampun. Tanpa ditanya suka minum apa, gula berapa.

Adapun yg perlu kita pahami, bahwa dg begitu tuan rumah ingin menunjukkan penghormatan pada sang tamu, itu tradisi kita.

Kini tradisi itu mulai bergeser, bahwa ternyata banyak pilihan2 dalam hidup, termasuk hal minum berminum. Banyak diantara kita yg tidak minum kopi dg berbagai sebab, juga banyak orang yg membatasi dlm mengkonsumsi gula.
Oleh sebab sudah tradisi maka si tamu yg tidak mengkonsumsi kopi dan/atau gula jadi serba salah, diminum tidak bagus untuk diri dan bahkan kesehatannya, tidak diminum takut dibilang sombong.

Dalam jaman keterbukaan sekarang ini tentu bertanya mau minum apa, teh, kopi, milo, misalnya, dan setelah dijawab kopi misalnya, maka kita tanya pula perlu gula berapa?, dan hal tersebut bukan lagi menjadi hal yg tabu...
(FB)

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...