Tuesday, October 5, 2010

PERBINCANGAN BERSAMA USTADZ ABDUL JALIL

PERBINCANGAN BERSAMA USTADZ ABDUL JALIL
SALAH SEORANG TOKOH ISLAM

Oleh: Aba

Di hari Sabtu pada minggu kedua di Hari Raya Fitri 1431 H, bertepatan dengan 9 Syawal/18 September 2010 kami berkesempatan menghadiri acara pernikahan yang diadakan di Masjid ar-Rukun Rockingham. Dalam kesempatan itu kami berkesempatan pula berbincang-bincang dengan salah satu tokoh Islam, yaitu Ustadz Abdul Jalil, beliau adalah Imam Masjid Rivervale. Dalam kesempatan itu beliau mengutarakan bahwa perkembangan Islam dalam sepuluh tahun terakhir ini cukup signifikan, dari segi kuantitas komunitas muslim di Perth makin meningkat, diantara mereka banyak yang datang dari Melborne. Kesenjangan kultural antar etnis di kalangan komunitas Muslim dengan sendirinya akan teratasi dalam perkembangan ke depan sejalan dengan pertumbuhan generasi baru. Penerapan diantara hukum Syari’ah mendapat tempat di bidang perkawinan ataupun yang berkait dengan kematian. Adapun bidang hukum kewarisan biasanya menggunakan cara dilakukan pencatatan sebelum pewaris meninggal dunia (testamenter).
Pada komunitas Muslim Turki mempunyai tradisi tersendiri dalam pembinaan keIslaman, para imam mereka diangkat dari Turki berdasar kebijakan suatu lembaga agama yang berkedudukan di Turki, dan tak seperti pada umumnya imam di masjid-masjid lain yang selalu tetap, imam masjid dalam komunitas Muslim Turki sering berganti. Adapun dalam penentuan awal Ramadhan dan Hari Raya ditentukan berdasar pada perhitungan yang telah ditentukan berdasar pada ketentuan yang telah digariskan dalam kebijakan dari Turki.
KETERANGAN GAMBAR: Ustadz Abdul Jalil (baju putih/Imam Masjid Revervale), di sebelah kanan beliau adalah encik Usman (berkacamata hitam/Presiden Masjid Revervale), kala sedang berbincang santai di bawah tenda di area belakang masjid Revervale. Merajut kebersamaan.

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...