Friday, October 15, 2010

SANG TAMAN

Oleh Aba

Di Australia begitu banyak taman, di mana-mana kita akan menjumpai taman.

Western Australia, Penggal Musim Bunga 2010
Aku amati detak jarum jam tanganku, kala aku sedang duduk di sebuah taman (park), yaitu ‘Centennial Pioneer Park’ di kawasan City of Gosnells. Persis di sisi taman berdiri Perpustakaan, dan tak jauh pula dari itu terdapat shopping centre, di sisi belakang taman terdapat aliran sungai kecil, dan persis di sisi sungai kecil itulah terdapat pagar pembatas. Di balik pagar selangkah sungai kecil itu aku amati beberapa kambing domba sedang makan rumput dan beberapa yang lain lagi sedang tiduran santai dengan damai.

Aku amati pula anak-anak sedang bermain begitu riang di area taman, bermain ragam permainan, ada yang naik ‘kuda-kudaan’, bergelantungan, ‘plorotan’, naik/turun semacam tali yang dirangkai sedemikian rupa, dan lain-lain. Tak jarang di antaranya yang disertai orang tua mereka. Aku lihat seorang anak kecil dengan umur sekitar dua tahun sedang menagis karena tersandung, dan rupanya orang sang tua telah membesarkan hatinya hingga tak lama kemudian ia bermain kembali. Beberapa group orang sedang bergerombol, umumnya duduk melingkar di atas alas di hamparan rumput taman sambil menikmati hidangan, juga duduk di bangku-bangku taman atau kursi lipat yang dibawa mereka, juga ada yang bakar daging dan selainnya yang disini biasa disebut ‘barbeque’. Aku duduk sambil membaca buku yang aku pinjam di perpustakaan, sedang anak-anak kami bermain berbaur yang sekali-kali datang membawa berita kegembiraan.

Posisi taman berada di lembah, jalan dan area parkir berada pada posisi atas, maka untuk ke area bermain terdapat tangga-tangga yang dibuat begitu artistik, dan di samping itu juga terdapat jalan yang disangga tiang-tiang besi, jalan itu dibuat sedemikian rupa sehingga nampak begitu indah, melingkar menurun hingga ke area bermain, maka dengan demikian hak orang-orang cacat untuk menikmati keberadaan taman tidak terhalang.

Taman adalah merupakan salah-satu konsep sorgawi.

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...