Saturday, June 4, 2016

WASIT DAN PERGURUAN TINGGI

WASIT DAN PERGURUAN TINGGI
Oleh: A. Fuad Usfa
Sebagai wasit haruslah lah bersikap obyektif..., ia mesti memakai kacamata yg pas, sehingga mengaburkan pandangannya, apalagi meniup peluit pada saat ia tidak mencermati Medan permainan..., bahkan menoleh sejenak dari ajang permainan pun sudah merupakan kesalahan fatal..., apalagi menyatakan kemenangan salahsatu tim sebelum permainan berlangsung. 

Wasit harus mampu memilah dg jelas mana asumsi dan mana fakta. Demikian sy mengkiaskan dunia perguruan tinggi dan ilmu pengetahuan... Dunia perguruan tinggi adalah dunia ilmu pengetahuan..., segala sesuatu harus atas dasar analisa keilmuan. Peneltian adalah untuk melihat fakta2 dari kondisi yg belum jelas sehingga menjadi jelas..., karena bisa jadi ketidak jelaskan itu memang benar2 hanya halusinasi semata... Oleh sebab itu kalangan akademisi harus mampu 'mengosongkan' alam pikir dari tekanan2 kehendak nafsu (kecenderungan hati) yg sering mengaburkan fakta2 untuk diseret pada halusinasi yg dikehendakinya, dalam mencermati fakta2 yg sejati. 
(FB)

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...