Saturday, May 22, 2010

FESTIFAL TETEK-BENGEK

Oleh: Aba


Manakala kita punya uang dan hanya kita simpan saja, mungkin di bawah bantal, di bawah kasur, atau mungkin dibenam di bawah lantai rumah, dan lain-lain, maka bermakna uang tersebut tidak ada gunanya. Uang akan bermakna manakala digunakan dan dikembangkan baik bagi kita maupun yang lain. Keberadaan uang akan bisa dibilang sehat manakala uang itu diputar. Makin cepat perputaran uang makin bagus. Perlu ditekankan di sini kata perputaran, jadi bukan hanya sekedar kata aliran, atau mengalir, yang sifatnya satu arah, hanya sekedar lewat saja, bersifat konsumtif, sedang perputaran, terjadinya sirkulasi uang dan lebih bersifat produktif.

Berbagai macam kiat yang dilakukan orang untuk melakukan pemutaran uang, diantara kiat-kiat itu terdapat hal menarik yang aku amati di Western Australia, yaitu dengan mengadakan festifal-festifal. Dengan festifal ini bukan hanya sekedar terjadi perputaran uang, melainkan juga sebagai daya tarik (magnet) para pengunjung dari berbagai penjuru (orientasi turisme). Diantara festifal-festifal itu ialah ‘Chilli Festival’ (‘Festifal Lombok’), ini yang berkenaan dengan berbagai hal yang berlombok, di sana dijual segala makanan dan minuman yang mengandung pedas Lombok, termasuk es krim, segala jenis tanaman Lombok, dan lain-lain. Untuk menyemarakkan suasana digelar atraksi drum band remaja. Ada pula ‘Festifal Kepiting” yaitu yang berkaitan dengan masakan laut jenis kepiting, juga ada festifal seni untuk kalangan muda-mudi, ini berkaitan dengan dinamika kaum muda, di situ digelar pula musik-musik dan sebagainya, serta berbagai-bagai festifal yang lain lagi.

Dalam hematku, menarik untuk digetuk-tularkan di Indonesia, misalnya tiap daerah berbeda-beda sesuai potensi masing-masing, terutama untuk menggerakkan dan mengembangkan sektor ekonomi kecil dan menengah, di samping sektor parawisata. Nama atau fersi sih…, boleh beda, namun (-tentu-) intinya sama.

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...