Friday, August 6, 2010

KETURUNAN ORANG BAWEAN PERTAMA DI OZZI DARATAN

KETURUNAN ORANG BAWEAN
YANG PERTAMA BERDOMISILI DI AUSTRALIA DARATAN
Oleh: Aba

Manakala kita menoleh pada lintasan sejarah, ternyatalah betapa keberadaan kita adalah merupakan bagian dari matarantai dalam rangkaian yang telah dirangkai

Keterangan Foto: Sabaruddin bin H. Muhammad Isa. Pembawaan beliau tenang.

oleh orang-orang terdahulu. Demukian pula dengan dengan keberadaan berbagai corak-ragam generasi demi generasi yang mendiami bumi Australia. Telah tercatat oleh tangan pengamat sejarah bahwa benua Australia telah dihuni oleh orang-orang Aboriginal sekitar 60.000 tahun yang lalu, diantara mereka mencatatnya sebagai rentangan ras Negroid disamping terdapat pula yang mengatakan sebagai ras Australoid.

Keterangan Foto: Abdul Samad bin H. Muhammad Isa. Beliau pandai bermain pencak.

Kedatangan orang-orang dari Sulawesi Selatan (ras Mongoloid) yang kemudian berbaur dengan penduduk asli baru pada abad ke tujuh belas, yang kemudian kedatangan orang kulit putih (ras Caucasoid) bermula pada memasuki akhir abad ke delapan belas (1770), yangmana kedatangan Kapten James Cook telah dikategorikan sebagai peletak dasar settlenya orang kulit putih di Australia hingga pada pembentukan Negara modern Australia.

Adapun kedatangan orang-orang Bawean ke Daratan Benua Australia bermula pada paruh decade tujuh puluhan di abad dua puluh, yang sepanjang pengamatan penulis dapat dibagi dalam dua kategori, yaitu yang berasal dari ayah dan ibunya berasal dari Bawean serta yang berasal dari ibu orang Bawean sedang ayahnya adalah orang Melayu. Pada kategori pertama, dalam pengamatan penulis adalah Abdul Ghani bin H. Abdul Majid bersama saudara kandungnya yang bernama Puat bin H. Abdul Majid. Mereka memasuki Australia Daratan pada tahun 1975. Sedang pada kategori kedua adalah Abdul Samad bin H. Muhammad Isa bersama saudara kandungnya yang bernama Sabaruddin bin H. Muhammad Isa yang mula memasuki Australia Daratan pada bulan Juli 1974. mereka semua beranjak ke Australia Daratan setelah sebelumnya settle di Christmas Island, dan kini mereka semua berdomisili di Western Australia.

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...