Sunday, September 18, 2016

PENJAJAH DAN YANG TERJAJAH

PENJAJAH DAN YANG TERJAJAH
(Suatu Keanehan Namun Nyata)
Oleh: A. Fuad Usfa
Siapa sih sebetulnya penjajah itu?, dan siapa yang terjajah itu?, betulkah bangsa Indonesia beratus tahun telah dijajah oleh bangsa Belanda (khususnya)?. Kalau itu yang diutarakan dalam pelajaran sejarah kita, bagaimana dengan bangsa yang lain?, yang justru lebih lama bercokol menggerogoti nilai2 kebangsaan kita?, bahkan hingga kini telah menggerogoti dari ubun2 hingga tapak kaki kita?, dengan cara2 pemaksaan tanpa peri keadilan?, menyeret nadi2 kita pada satu titik negeri mereka, bangsa kita telah diseret secara batin dan lahir?, bius2 itu telah begitu tertanam, ditelan dan dimuntahkan oleh agen2 dan para demang2 mereka?, dan segelintir saja perwakilan jazadnya telah menjadi dewa2 di negeri kita; lalu tidak perlu disebut penjajahkah?. Kalau begitu pemahamannya, sungguh bukan hanya pembelajaran dalam teks2 sekolah yang timpang, melainkan dalam realita2 sosial kita.

Rasio kita telah digerogoti, lalu kita menjadi latah oleh sebab bius bius itu telah merasuk dalam nadi kita, hingga merengkuh jantung dan otak kita.
Suatu keanehan, namun nyata.

#ternyata tak lebih dari suatu permainan kata.
#saya yakin, banyak diantara kita yang tak terbaca sejarah uatu upaya pencerahan peradaban di baliknya.
(FB)

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...