Friday, July 30, 2010

USTADZ H. HAIRUDDIN

USTADZ H. HAIRUDDIN
(SOSOK SEORANG USTADZ DI WESTERN AUSTRALIA)
Oleh: Aba

Ustadz H. Hairuddin, penempilannya selalu ceria, sederhana dalam sikapnya, menimba ilmu bermula dari tanah kelahiran, yaitu pulau Bawean, tsanawiyah dan Aliyahnya ditempuh di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang. Selepas itu melanjutkan studinya ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Internasional di Universitas Darul Ulum Jombang. Pada tahun 1988 berkelana ke Negara Benua di selatan tanah Jawa, yaitu Australia, namun pada tahun itu hanya tiga bulan saja, dan baru sejak tahun 1990 beliau berdomisili di Australia hingga sekarang. Pada tahun 1990-1992 beliau belum bekerja mapan. Mula-mula hanya mengajar anak-anak satu kali dalam satu minggu, dari situlah darah kesantriannya mulai menampak tertularkan di masyarakat Islam Australia. Tatkala masjid besar di kawasan Hipburn (Masjid Al-Hidayah) didirikan beliau menduduki posisi sebagai Presiden, yang pada posisi itu beliau emban selama lima tahun.

Bilamana datuk beliau yang hingga kini namanya terukir indah sebagai nama Pondok Pesantren besar yang berwibawa, yaitu KH. Hasan Jufri menebar ilmu agama Islam di pulau Bawean, beliau sebagai cucunya telah menebar ilmu agama Islam di bumi Australia.

Beliau mengajar agama pada orang-orang Melayu dan Kokos, juga pada anak-anak beberapa keluarga Pakistan, di samping mengajar pada anak-anak Melayu, Kokos dan Boyan. Beliau juga mengajar agama pada anak-anak di Al-Hidayah, di samping pula mengajar agama pada anak-anak di masjid Rivervale. Beliau selalu aktif pula dalam berbagai kegiatan keagamaan, ceramah-ceramah, hotbah-hotbah dan lain-lain, termasuk dalam hal peristiwa-peristiwa kelahiran, perkawinan dan kematian.

Cucu kiyai besar di pulau Bawean telah turut mengukir kebasaran Islam di Australia.

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...