Sunday, April 17, 2011

'KINGS PARK' PERTH

DATARAN TINGGI NAN INDAH

Oleh: Aba

Kings Park adalah kawasan dataran tinggi yang merupakan bagian dari kota Perth. Total area 400,6 hektar, yang dalam setiap tahunnya dikunjungi lebih dari enam juta orang (www.bgpa.wa.gov.au/kings-park). Tentu tiada sesiapa yang berkunjung ke Perth yang akan melewatkan kesempatan untuk menikmati udara dan keindahannya. Di kawasan ini kita akan menjumpai monumen, taman-taman bermain yang luas, kafe-kafe, toko souvenir, prasasti-prasasti, hotel, botanic garden, jembatan panjang yang melintasi jurang dalam dengan desain yang begitu indah yang bertengger dengan kokoh namun menorehkan keluesan yang mengagumkan, serta berbagai fasilitas lainnya. Pada musim panas kawasan ini begitu banyak dikunjungi orang, baik siang ataupun malam hari. Dari sini pula kita dapat menikmati pemandangan indah jantung kota Perth, bentangan Sungai Swan (Swan River) dengan airnya nan jernih membiru, alur jalan raya yang melingkar dengan torehan keindahan nan serasi dengan alam sekelilingnya, alur jembatan panjang yang melintang memotong bentangan Swan River yang luas itu. Pada malam hari kita dapat menikmati pemandangan dengan nuansa lain, gemerlap lampu-lampu kota, mobil, kapal-kapal yang lalu lalang di Swan River, bintang-gemintang di langit, apatah lagi manakala ditambah hadirnya sang rembulan.



Di malam memasuki tahun baru tiba kawasan bagian sisi yang menghadap ke jantung kota selalu ramai dengan pengunjung --sebagaimana juga di berbagai park yang lain serta di berbagai pantai--, sambil menunggu tahun baru tiba. Saat jam 00 tengah malam di kejauhan akan Nampak kembang api menyembur dengan berbagai warna dan variasinya disertai dengan bunyi yang berdeguman seakan hendak menelan semua bunyi. --Sebagaimana kita sama paham bahwa di sini malam menjelang tahun baru jalan-jalan raya sunyi, tak ada konvoi atau trek-trekan, jalan raya biasa-biasa saja sebagaimana lazimnya, jadi kendaraan melintas seperti biasanya, hanya berjalan menuju tujuan--. Kala gemercik kembang api telah usai, maka orang-orang pada pulang dengan teratur, dan Kings Park, demikian pula kawasan tempat orang berkumpul itu akan menjadi sunyi hingga datangnya mentari yang beranjak dari ufuk timur.

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...