Friday, April 29, 2011

LIBURAN SEKOLAH

(SCHOOL HOLIDAYS)
Oleh: Aba

Sejak tanggal 20 April anak-anak sekolah pada libur (Tri Wulanan), yaitu liburan musim gugur. Pada saat begini sudah bisa dipastikan tempat-tempat rekreasi, pusat-pusat perbelanjaan serta tempat-tempat hiburan menjadi ramai dengan pengunjung, tiket pesawat pun sudah bisa dipastikan melonjak naik. Untuk masa liburan sekolah (school holidays), week end, dan public holidays perjalanan darat kawasan Perth Raya yang meliputi kawasan yang teramat luas hingga kota-kota satelit semacam Frementle, Mandurah, dan lain-lain kita bisa membeli tiket satu kali saja untuk perjalanan dalam satu hari untuk satu keluarga atau pun untuk seorangan. Manakala untuk satu keluarga menggunakan fasilitas 'Family riders', harganya tidak sampai $10, sedang untuk seorangan menggunakan fasilitas 'all day', harganya juga sama dengan 'family riders'. Bila kita membeli tiket di Stasiun Kereta Api, tiket tersebut berlaku juga untuk naik bis, demikian pula sebaliknya, bila kita beli tiket dikala naik bis maka tiket tersebut berlaku pula untuk naik kereta api.

Ada yang menarik dalam hal tiket transportasi ini, untuk anak-anak sekolah disediakan fasilitas 'Smart Rider', suatu ongkos perjalanan yang teramat murah, berlaku untuk semua hari, baik itu hari-hari biasa (week days), week end, public holidays, maupun school holidays. Untuk tingkat High School ada pula diuruskan sekolah, dan pada awal masuk High School siswa akan mendapatkannya, yaitu berupa kartu (card). Kartu ini berlaku selama lima tahun (High School di sini mulai kelas 8 hingga kelas 12). Kartu tersebut dengan sistem elektonik, sehingga menggunakannya hanya cukup dengan menyentuhkannya pada alat elektonik yang sudah tersedia di Stasiun-stasiun Kereta Api maupun dalam setiap bis bagian depan persis di bagian sisi pintu depan.

Sekolah di sini libur dalam empat kali dalam satu tahun, yaitu untuk term (tri wulan) pertama libur antara minggu akhir bulan April hingga masuk minggu awal bulan Mei, (liburan musim gugur), berarti libur selama dua minggu; adapun untuk term (tri wulan) kedua libur antara minggu kedua libur antara minggu kedua bulan Juli hingga minggu keempat bulan Juli (liburan musim dingin), berarti libur selama dua minggu; Sedang untuk term (tri wulan) ketiga libur antara minggu pertama bulan Oktober hingga minggu ketiga bulan Oktober (liburan musim semi/bunga), berarti libur selama dua minggu; selanjutnya untuk term (tri wulan) keempat libur antara minggu kedua bulan Desember hingga akhir bulan Januari (liburan musin panas) yang merupakan liburan panjang, yaitu selama tujuh minggu.

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...