Friday, April 22, 2016

PEMIMPIN DAN RETORIKA

PEMIMPIN DAN RETORIKA
Oleh: A. Fuad Usfa 
Hari2, begitu buka mata seakan refleks aku bergegas, ambil IPad atau pun HP, buka internet. Ke mana2 aku selalu bawa HP, bahkan hanya ke kamar mandi atau ke dapur pun selalu mencoba ingat pada HP; ada di rumah bila gelap datang, tak perlulah terlalu gelap, agak gelap sedikit saja aku nyalakan listrik; radio dan TV sudah bagian dari kondisi hidup; dan tak terbilang lagi tentu. Pagi ini, sekitar jam 8 aku ada keperluan ke luar sebentar, dg menggunakan kendaraan, supaya cepat dan memberi kemudahan. Kemudian aku berpikir, walau ditutup2i bagaimanapun, dg retorika2 bagaimanapun..., sesungguhnya kita telah dipimpin orang lain... Perlukah kita membuang semua itu?, kita berpaling dari mereka, lalu kita kembali ke tradisi kita?, walau dalam hal ini kata 'kita'pun sesungguhnya adalah kata yg tentu dg makna yg tidak jelas... Berani kah kita untuk konsekwen?. Kita telah menyempitkan ruang kehidupan, hanya dg ambisi2 untuk memimpin..., hingga menafikan kebolehan orang lain walau dg retorika yg penuh kekaburan...

(FB)

No comments:

Post a Comment

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...