Sunday, February 19, 2017

NYI RORO KIDUL

(Hazanah Sinkritisme)
Oleh: A. Fuad Usfa
Di setiap masyarakat kita temui keyakinan-keyakinan yang tumbuh dan berkembang di dalamnya. Sesungguhnya keyakinanan itu  tidak dengan sendirinya menyebar dan berkembang, melainkan karena memang disebar dan dikembangkan oleh sebab berbagai motif.

Soal keyakinan susah dijelaskan, keyakinan yg manapun juga, yg berasal dari ajaran apa dan dari manapun juga, gotak gatik gatuk pun sering tak dapat dihindari. Pembenaran dg menggunakan daya hayal dari tingkat terendah hingga tertinggi..., yaaa..., yg namanya keyakinan sih!.

Nyi Roro Kidul terdapat dalam keyakinan masyarakat Jawa, Sunda dan Bali..., dg versi yg berbeda, berbeda itu sih biasa kan...?, dalam keyakinan manapun juga ya begitu.
Di Hotel Grand Bali Beach pada kamar 327 adalah satu-satunya kamar yang tidak terbakar di saat terjadi  peristiwa kebakaran besar pada Januari tahun 1993. Setelah dilakukan pemugaran, Kamar 327 dan 2401 selalu dirawat, diberi hiasan ruangan dengan warna hijau, diberi suguhan (sesaji) setiap hari, namun tidak untuk dihuni dan khusus dipersembahkan bagi Ratu Kidul. Juga di Hotel Samudra Beach di Pelabuhan Ratu. Kamar 308 disiapkan khusus bagi Ratu Kidul. Di dalam ruangan ini terpajang beberapa lukisan Kanjeng Ratu Kidul karya pelukis Basoeki Abdullah. Di Yogyakarta, Hotel Queen of The South di dekat Parangtritis mereservasi Kamar 33 diperuntukkan bagi Sang Kanjeng Ratu. Yaaa..., ini hazanah Jawa, Sunda dan Bali, tak kalah menariknya dg hazanah dari kawasan lainnya tentu..., di berbagai belahan dunia. Bila dibanding dengan hazanah yang dimiliki dan berkembang serta dikembangkan oleh pemilik hazanah mistik di berbagai dunia bisa jadi ini adalah hazanah besar yang dimiliki bangsa kita, yang namun dikerdilkan oleh kita sendiri. Menggali kubur sendiri untuk mengubur diri sendiri sudah bukan hal yang samar di masyarakat kita.

sebagaimana umumnya dalam hazanah yang terdapat pada bangsa-bangsa lain, demikian juga dalam hal ini terdapat berbagai versi2 ..., ada yg mengatakan bahwa Nyi Roro Kidul adalah bawahan dari Kanjeng Ratu Kidul..., Kanjeng Ratu Kidul adalah istri spiritual bagi raja2 Kesultanan Yogyakarta dan Kesunanan Surakarta, ada yg mengatakan bahwa Nyo Roro Kidul adalah titisan dari seorang putri Pajajaran yg mati bunuh diri karena diusir dari keraton oleh sebab penyakitnya, yg mana penyakitnya itu disebabkan kekuatan sihir oleh tukang sihir atas keinginan istri sang Raja yang bernama Dewi Mutiara (sang ibu tiri).

Dalam pandangan saya, dalil keyakinan itu adalah ada tiga pertanyaan dan jawaban, tidak akan lepas dari itu, yaitu: 1. Apakah keyakinan itu pasti benar...?, kalau keyakinan itu pasti benar, maka setiap keyakinan itu akan benar, sebab mempunyai kedudukan yg sama, yaitu yakin. 2. Apakah keyakinan itu pasti salah?, kalau keyakinan itu pasti salah, maka setiap keyakinan itu akan salah, oleh sebab mempunyai kedudukan yg sama, yaitu yakin. 3. Apakah keyakinan itu mungkin benar dan mungkin salah?, kalau mungkin benar dan mungkin salah, maka setiap keyakinan itu mungkin benar dan mungkin juga salah, oleh sebab mempunyai kedudukan yg sama, yaitu yakin.
(AFOF, Cannington WA, 20 Februari 2017).
(FB)

1 comment:

  1. Prediksi Mantul Super Magis Tanpa Mahar...Yuk Diburu Angka Bocor

    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete

MENGGAYUH MEMAHAMI EKSISTENSI TUHAN

Oleh: A. Fuad Usfa Eksistensi Tuhan Berbicara tentang Tuhan berarti berbicara suatu yang gaib, abstrak. Tidak bisa ditangkap dengan penca in...